Penyebab Kerusakan Accu (Aki)

Pada waktu jalan, ketika kita mau menggunakan klakson ternyata suara klaksonnya tidak bersuara nyaring lagi seperti biasanya, atau ketika pada waktu malam, lampu utama sepeda motor atau mobil tidak terang lagi seperti biasanya. Ada apa gerangan? Ternyata hal itu disebabkan oleh accu (aki) sepeda motor kita yang tidak normal/rusak.  Yang jadi pertanyaan adalah, kenapa aki bisa rusak?
Penyebab kerusakan accu (aki) adalah sebagai berikut :
1.   Karena lama dipakai. Accu (aki) sama dengan barang-barang lainnya yang akan berkurang kemampuannya sesuai dengan waktu pemakaian, meskipun telah dirawat dan dipergunakan dengan benar. Tanda-tanda accu (aki) yang sudah berkurang kemampuannya yaitu plat sudah mulai hitam, ram naik dan sebagian pasta rontok. Seiring dengan usia accu (aki), penambahan air accu (aki) harus semakn sering. Seiring dengan usia accu (aki), kemampuan untuk menyimpan stroom semakin lemah.
2.     Karena salah dalam pemasangan. Pemasangan terminal plus (+) dan minus (-) yang terbalik, bisa menyebabkan korsleting. Pemasangan terminal dalam keadaan kotor, mengakibatkan laju pengisian listrik (stroom) terhambat. Pemasangan braket (clamp) yang kendor, mengakibatkan vibrasi/getaran yang berlebihan sehingga menyebabkan rusaknya sel, terminal bahkan korslet dan kemungkinan meledak.
3.  Karena dipergunakan melebihi kemampuannya. Sebagai contoh, mobil yang seharusnya menggunakan accu (aki) type n 70 diganti dengan type n 50 (kapasitas lebih kecil berakibat turunnya usia accu/aki dari yang seharusnya)
4.      Karena kelebihan stroom (charging) dari dynamo ampere. Accu (aki) yang diisi stroom berlebihan (over charging) data mengakibatkan panas dan plat bengkok, bahkan menyebabkan rontoknya plat yang ada dalam sel accu (aki).
5.      Karena kurang perawatan. Accu (aki) yang tidak dirawatmengakibatkan under charge dan turunnya usia / masa pakai accu (aki) secara drastis. Sebagai contoh, accu (aki) dalam keadaan kotor baik casing maupun terminalnya (parasitic load) dan accu (aki) yang kurang cairan elektrolitnya (air accu/aki) dibawah level lower.
6.      Karena efek kerusakan sistem kelistrikan kendaraan. Sistem kelistrikan mobil sangat berpengaruh sekali terhadap usia accu (aki). Dinamo ampere yang rusak dapat mengakibatkannya under charge atau over charge. Dinamo starter yang rusak/korslet, dapat mengakibatkan under charge bahkan dapat menyebabkan rusaknya accu (aki). Keadaan kabel-kabel dalam kelistrikan mobil yang tidak baik, dapat menyebabkan terganggunya arus pengisian (stroom) dan korsleting.
 
Untuk menghindari kerusakan accu (aki), lakukanlah perawatan dan pemeriksaan sistem kelistrikan kendaraan anda dengan teratur di bengkel langganan anda.

Leave a Reply